19 Mei 2016

Yohanes 16:12-15 (Minggu)



       ROH ALLAH PENUNTUN PADA KEBENARAN


 ‘Menjadi Kristen mudah tapi melakoni perintah Kristus tidaklah gampang’. Kalimat seperti di atas rasanya sudah sering kedengaran dan benar adanya. Yesus sendiri kira-kira bermaksud demikian dengan kalimat ‘sekarang kamu belum dapat menanggungnya’. Yesus mengatakan hal itu kepada murid-muridNya sendiri saat ia akan memasuki ‘arena penebusan’, dimana Ia akan ditangkap, disalibkan, mati dan bangkit ; lalu naik ke sorga menyiapkan ‘bumi langgeng’ yang kekal bagi setiap orang percaya.

Perkataan Yesus ini menjelaskan bahwa pekerjaan Allah begitu besar dan tidak semua dapat segera dipahami para murid, sekalipun mereka sudah bersama Yesus selama tiga tahun. Mereka telah menjadi anak-anak Allah tetapi pemahaman mengikut Yesus belumlah lengkap. Banyak perkara yang tak mereka pahami dengan jelas, yang perlu diketahi para pengikut Kristus. Godang dope siguruhononmi. Yesus tahu akan hal itu. Pemahaman yang jelas dan benar tentang Kristus juga tidak dapat diajarkan dengan metode pengajaran dunia. Pengenalan yang benar akan Kristus bukan dibangun berdasarkan logika melainkan pengalaman rohani (iman). Terlalu kecil otak manusia untuk dapat mengenal dan paham atas keseluruhan maksud (Kebenaran) Kristus. Para teolog pun bukan penentu kebenaran, hanya mencerahkan…ngak usah sok tahu….Hahahaha…..
Tuhan Yesus akan mengutus Roh Kebenaran (Roh Kudus). Roh Kebenaran memimpin manusia agar hidup benar. Sumber kebenaran yang disampaikan Roh itu adalah Tuhan Yesus sendiri.  Roh Kebenaran itu mengatakan segala kehendak Yesus. Oleh sebab itu, setiap orang yang mau dibimbing Roh Kebenaran itu maka ia sedang melakukan kehendak Tuhan Yesus. Yang lebih utama lagi, Roh Kebenaran   bukan hendak membimbing ke masa lalu melainkan memberitahukan masa depan. Roh Kebenaran itu ada di dalam setiap orang percaya. Roh Kebenaran itu memberitakan segala yang diterimanya dari Tuhan Yesus kepada manusia dengan jujur. Roh Kebenaran akan menegaskan bahwa yang dikerjakan Yesus selama hidupnya itu benar-benar dari Bapa asalnya. Dengan demikianlah Roh Kebenaran itu telah memuliakan Tuhan Yesus. Sesungguhnya, Tuhan begitu mulia, karena Ia mencipta, memelihara, dan mengasihi manusia. Kuasa dan kasih yang dimiliki Tuhan telah membuat diriNya mulia. Karena itu, kemuliaan Kristus bukan datang dari manusia tetapi dari Allah.
Roh Allah akan selalu aktif menyatakan diriNya. Penyataan Tuhan yang tertinggi ada di di dalam diri Yesus Kristus; tetapi Yesus bukan hanya seorang tokoh yang dibatasi oleh sebuah buku (Alkitab). Dia adalah oknum yang hidup dan di dalam Dia penyataan Allah berlangsung terus. Allah di dalam RohNya akan terus memimpin orang percaya kepada realisasi yang lebih besar tentang apa sebenarnya Yesus itu (kehendakNya). Dia bukanlah Tuhan yang sekarang berdiam diri, melainkan terus menyatakan kebenaranNya kepada manusia. Penyataan Allah tak pernah berakhir. Penyataan Allah terus berlangsung, yang dinyatakan oleh RohNya di dalam hidup manusia.

Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah satu adanya dalam mencipta, menyelamatkan, dan memelihara manusia. Roh Kebenaran adalah satu di dalam Allah Bapa dan Yesus Kristus untuk mengasihi manusia dan ciptaan lainnya.
Hidup di dalam Roh Allah membawa manusia pada kehidupan yang mencintai ciptaan Tuhan. Alam, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia adalah ciptaan Tuhan. Tuhan menghendaki manusia memelihara dan mencintai semua itu sebagai bukti manusia memuliakan Tuhan. Manusia yang memuliakan Tuhan bukan sekedar mengacu kepada ayat-ayat alkitab. Justru, salah satu kesalahan yang sering dilakukan manusia adalah mengidentifikasikan penyataan Allah dengan ayat Alkitab. Kita sering membenarkan diri dengan mengutip ayat-ayat Alkitab. Bayangkan jika tiap-tiap orang mengutip ayat Alkitab untuk masing-masing membenarkan diriNya. Yang terjadi adalah adu argument, bukan lagi memuliakan Allah. Oleh sebab itu, kebenaran yang Tuhan kehendaki adalah ketika kita mau dipimpin oleh Roh Allah. Buah dari pimpinan Roh Allah itu selalu memberikan sukacita, kebahagiaan, dan damai sejahtera bagi hidup manusia. Saat demikianlah kita turut memuliakan Tuhan. Jika manusia tidak mengasihi sesamanya dan memelihara ciptaan lainnya maka ia tak memuliakan Tuhan. Sekalipun manusia tidak memuliakan Tuhan tetapi Ia tetap mulia. Tuhan tak butuh dimuliakan. Tapi, Tuhan setuju untuk dimuliakan, hanya jika manusia itu berani hidup mengasihi sesamanya, maka ia turut memuliakan Tuhan.
Roh Kebenaran bekerja di dalam diri kita untuk melakukan kehendak Yesus. Ia mengajar, membimbing, menyembuhkan, memberi kekuatan, menghibur yang susah. Semuanya itu untuk memperbaiki hidup manusia menjadi berkwalitas. Roh Kebenaran hadir untuk membangkitkan dan memperdalam kesadaran akan kehadiran Yesus dalam kehidupan kita sambil menarik hati kita kepada Dia dengan iman, kasih, ketaatan, persekutuan, penyembahan, dan persembahan. Karena itu, berilah dirimu dituntun oleh Roh Allah untuk melakukan kebenaran. AMIN

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar